Categories
Resep

Cara Menghilangkan Duri Ikan Bagian Kedua

  • Garam

Garam dapat membuat dinding tenggorokan beraksi yang artinya dapat mengeluarkan duri dari permukaan tenggorokan. Selain itu, garam juga dapat mencegah infeksi pada bekas dinding tenggorokan yang tertancap duri.

Untuk cara ini, larutkan garam secukupnya dengan air hangat, lalu minum dengan cara menenggak. Apabila duri tidak terlalu besar, cara ini akan sangat efektif.

Minyak zaitun. Sama seperti bahan garam, gunakan minyak zaitun untuk campuran air hangat.

Minum perlahan-lahan dan usahakan larutan tersebut mengenai bagian tenggorokan yang tersangkut duri. Minyak zaitun juga akan membuat dinding tenggorokan bereaksi dan meluruhkan duri dengan sendirinya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Duri Bagian Satu

  1. Minuman kental

Gunakan minuman kental seperti cokelat hangat atau susu cair yang langsung diminum tanpa dicampur dengan air terlebih dahulu, untuk mendorong duri. Anda juga bisa menggunakan jus yang diminum dengan cara ditenggak supaya tenggorokkan terisi sepenuhnya.

Mendorong duri keluar

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang selanjutnya yaitu dengan mendorong duri keluar dari tenggurokan melalui mulut.

Untuk melakukan hal ini, Anda harus mengusahakan batuk disertai cairan ludah. Jika tidak terkontrol, Anda akan muntah ketika melakukan itu. Ini mungkin cara yang tidak lebih enak dari cara yang pertama, tapi harus Anda coba jika cara yang pertama tidak berhasil.

Sebenarnya ada cara batuk yang lebih nyaman untuk Anda lakukan. Namun Anda harus cukup ahli untuk melakukannya. Ini adalah cara yang dilakukan juga oleh kucing jika menelan benda yang tidak dapat dihancurkan taringnya. Yaitu, dengan cara mengeluarkan udara hanya dari mulut.

Langkahnya adalah dengan permulaan menarik napas, kemudian mengeluarkan dengan kencang dalam sekali hembusan melalui mulut, bukan dari hidung. Jika dilakukan dengan benar, duri di tenggorokan akan terpental dengan mudah.

  1. Melakukan gerakan tertentt

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang selanjutnya yaitu dengan gerakan aneh tetapi manjur. Ikan memang dikonsumsi berbegai masyarakat dengan adat istiadat unik, maka tak heran beberapa hal di seputarannya pun juga unik.

Termasuk mengenai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan.  Ada beberapa perlakuan khusus yang dipercaya bisa menghilangkan duri di tenggorokan. Misalnya adalah sebagai berikut.

  1. Menarik daun telinga

Ini adalah cara yang bisa dianggap konyol dan hanya isapan jempol, tetapi kenyataannya banyak orang yang telah membuktikan keajaibannya. Walaupun demikian, memang belum ada penilitian resmi dari ahli anatomi.

Itu adalah beberapa cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan dengan aman. Tidak sengaja menelan duri ikan, kemudian tersangkut di tenggorokan, atau yang bisa disebut sebagai ketulangan, adalah hal tidak boleh dianggap remeh.

Apabila luka yang ditimbulkan dirasa cukup parah, maka bukan tidak mungkin akan terjadi pembengkakan di tenggorokan. Jadi, sahabat, percayalah bahwa bukan sesuatu yang konyol datang ke dokter untuk masalah ini.

Jika memang sudah berbagai cara dilakukan dan tidak mendapat perubahan yang lebih baik, jangan ragu untuk datang dan konsultasi ke dokter THT.

Apabila setelah pemeriksaan dibuktikan adanya duri ikan di tenggorokkan dan bukan masalah lainnya, selanjutnya dokter akan memberi Anda cairan tertentu yang mengandung barium untuk ditelan. Konsepnya sama dengan tips-tips di atas, yaitu dengan mengikat duri untuk kemudian diluruhkan ke dalam lambung.

Namun, tentu saja obat dari dokter lebih efektif digunakan. Intinya, sahabat, jangan ragu berobat serta terus lakukan yang terbaik bagi kesehatan dan kebaikan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *