Categories
Resep

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan dengan Aman

Cara Menghilangkan Duri Ikan – Ikan adalah salah satu lauk pauk yang menjadi pilihan ibu selain daging. Selain harganya yang lebih murah, ikan memiliki rasa gurih dan mengandung banyak nutrisi yang baik bagi manusia, terutama bagi perkembangan otak pada anak-anak.

Selain ikan ada berbagai macam makanan lainnya contohnya saja adalah nasi tumpeng paling enak dimana nasi tumpeng sangat cocok disajikan diberbagai macam acara selamatan.

Selain itu ada menu lainnya yang tak kalah bersaing dengan nasi tumpeng yang tentunya bisa menggugah selera contohnya saja nasi box, selain enak nasi tumpeng kaya akan nutrisi yang menyehatkan.

Dan balik lagi kepembahasan awal nih. Sayangnya, ada beberapa jenis ikan yang memiliki rasa nikmat tetapi memiliki banyak sekali duri.

Duri ikan kerap jadi masalah bagi beberapa orang, terutama yang tidak jeli. Jika duri sudah tertelan, tidak lagi jadi masalah karena asam lambung cukup handal melumatkannya. Namun, apabila tersangkut di tenggorokan, sudah pasti rasanya akan menyiksa. Apakah Anda mengalami ini?

Kalau iya, jangan coba-coba menggunakan tangan kosong untuk mencabut duri tersebut. Luka yang lebih serius bisa jadi resiko, apalagi jika tangan Anda tidak terlalu bersih.

Ketimbang memaksakan tangan masuk, ada beberapa cara yang aman dan nyaman untuk menghilangkan duri yang tersangkut di tenggorokan.

9 Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan dengan Aman

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang telah kami rangkum untuk Anda yang dikutip dari web souljournal.org

 

  1. Memasukan makanan kedalam mulut

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan yang pertama, yaitu dengan mendorong duri masuk menggunakan makanan atau minuman. Cara ini adalah cara paling aman yang dapat Anda coba. Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa mendorong duri dari tenggorokan, seperti makanan berikut:

  1. Dengan Nasi putih

Anda dapat memanfaatkan nasi putih hangat untuk mengikat duri ikan di tenggorokan dan menariknya jatuh ke dalam lambung. Selain sifat liatnya yang akan menarik duri, suhu hangatnya akan memperbaiki bekas luka yang ditimbulkan oleh duri.

Untuk melakukan cara ini, masukkan cukup banyak nasi ke dalam mulut dan telan tanpa mengunyahnya. Ada beberapa orang yang percaya juga bahwa nasi putih tidak akan dapat menghilangkan duri apabila tidak dikepal terlebih dahulu. Untuk alasan tersebut tentu bukan alasan yang ilmiah, tetapi tidak ada salahnya Anda coba.

  1. Buah pisang

Selain nasi hangat, Anda juga dapat menggunakan buah pisang untuk menghilangkan duri dari tenggorokan. Hal tersebut memungkinkan karena buah ini memiliki tektur halus dan cukup liat untuk mengikat dan membawa turun duri dari tenggorokan.

Untuk melakukan cara ini, Anda harus mengunyah pisang hingga hancur sebelum menelannya. Apabila pisang sedang tidak mudah Anda dapatkan, dapat diganti dengan buah pepaya.

  1. Marsmellow

Ada pula makanan enak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan, yaitu marsmellow. Hal ini bisa digunakan juga untuk anak-anak. Untuk makanan yang satu ini ini, Anda tidak perlu memanaskannya terlebih dahulu, tetapi langsung menelan marsmellow mentah.

Anda dapat mengunyahnya bila terlalu besar, tetapi jangan sampai terlalu halus. Atau dapat juga dengan cara menelan beberapa marsmellow, lalu mendiamkan beberapa saat di mulut agar sifat lengketnya keluar karena terkena liur. Sifat lengket atau liat dari marsmellow itu yang akan mengikat duri dan membawa turun ke lambung.

 

Selain makanan, Anda dapat menggunakan minuman atau larutan sebagai cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan dengan aman. Manfaatkan larutan tersebut dalam suhu hangat atau justru dingin untuk memberikan reaksi pada tenggorokan. Berikut ini adalah beberapa larutan untuk mendorong duri ikan jatuh dari tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *